Sabtu, 13 April 2013


SISTEM AKUNTANSI PENGUPAHAN PADA CIRCLE K
Ck (circle k) merupakan perusahan retail yang ada di Indonesia. Dalam sistem pengupahan pada ck, karyawan / pramuniaga diberi upah harian berdasarkan hari kerja dalam setiap bulan dengan tarif  perhari sebesar Rp 38.000,00 pada hari biasa, sedangkan pada hari libur nasional tarif perhari Rp 65.000,00  dan sebagai tunjangan biaya transport Rp 78.000,00 perbulan. 
Pihak – pihak yang terkait :
A.    Pramuniaga / kepegawaian
 Pramuniaga merupakan SDM dasar dari Usaha Minimarket circel K, dimana semua proses tentang retail harus melewati tahapan ini, adapun tugas-tugas pramuniaga di Circel K yaitu
    1. Memajang barang dengan mendahulukan mengisi rak/display yang stoknya kosong sesuai dengan sistem FIFO (First In First Out) dan tanggal kadaluarsa (Exp. Date) terutama untuk produk makanan, minuman dan obat-obatan.
    2. Memajang sesuai dengan pengelompokkan barang (grouping) dan disesuaikan dengan ukuran, warna, besar packing/barang dan tidak menutupi barang yang ada didekatnya.
    3. Memajang barang sesuai dengan besarnya ruang pajang yang disiapkan dan dilakukan pengontrolam dengan teliti secara teruS menerus untuk menghindari kehilangan (srinkage).
    4. Memasang label dan tiket penunjuk harga/price tag diletakan secara benar dan lengkap, bertepatan dengan penempatan pemajangan barang (kiri bawah barang).
    5. Memindahkan barang yang rusak dari display ke tempat yang telah ditentukan.
    6. Menjaga kebersihan dan kerapian atas barang dan tempat display.
    7. Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada customer, baik informasi secara langsung atau yang benar-benar membutuhkan.
    8. Monitor Stock barang setiap hari, untuk memaksimumkan penjualan, dengan cara cek stock barang didisplay catat yang kosong laporkan kepada Supervisor/Senior Staff
    9. Selalu memonitor Stock barang, dan mengisi kembali jika didapatkan kekosongan pada display.
    10. Melakukan pengecekan dan penggantian tiket harga / price tag dan signage, atas informasi barang yang mengalami perubahan harga dan memastikan tiket harga sudah terpasang sesuai dengan penempatan barang.
    11. Melakukan kontrol/ penyisiran terhadap semua barang rusak atau bermasalah, serta mengembalikan semua barang-barang  batal yang ditinggalkan oleh customer untuk dikembalikan ke tempat semula.
    12. Bertanggungg jawab penuh terhadap srinkage dan kehilangan barang.
    13. Bertanggungg jawab terhadap Senior Staff/Supervisor.

B.     Supervisor
Supervisor di perusahaan ini sebagai pengamat atau pengawas hadirnya pramuniaga dalam bekerja, setiap harinya. Penempatan supervisor membawahi 1 toko retail saja.
C.     Manager area
Manager area ditempatkan dalam 1 wilayah, artinya ia membawahi semua toko retail dalam 1 dekade wilayah tertentu. Tugasnya yaitu membandingkan dan mencocokan daftar hadir dan daftar jam kerja kerja pramuniaga, lalu membuat daftar upah pramuniaga berdasarkan dokumen yang diterima
D.    Bagian akuntansi
Bagian akuntansi adalah bagian yang menyelenggarakan pembukuan dan bertugas mencatat kewajiban yang timbul dalam hubungannya dengan pembayaran upah pramuniaga.

Informasi yang dibutuhkan managemen :
1.      Jumlah pengeluaran kas untuk pengupahan pramuniaga
2.      Rekapitulasi absensi pramuniaga setiap hari

Dokumen yang dibutuhkan :
1.      Kartu hadir
2.      Daftar upah untuk harian
3.      Rekap daftar upah
4.      Surat pernyataan upah
5.      Kartu pengupahan pramuniaga
6.      Bukti kas keluar



v  Bagian kepegawaian
·         Memulai bekerja, membuat dan mencatat jam hadir pramuniaga
·         Membuat dokumen kartu jam hadir pramuniaga
·         Membuat daftar hadir pramuniaga
·         Membuat dokumen rangkap 2, yang terdiri dari:
1)      Dokumen daftar hadir pramuniaga
2)      Dokumen kartu hadir
·         Dokumen diserahakan kepada manager area
v  Bagian supervisor
·         Memulai bekerja, mencatat jam kerja pramuniaga
·         Membuat dokumen kartu jam kerja
·         Membuat daftar jam kerja
·         Membuat dokumen rangkap 2,yang terdiri dari:
1)      Dokumen kartu jam kerja
2)      Dokumen daftar jam kerja pramuniaga
·         Dokumen diserahkan kepada manager area
v  Bagian manager area
·         Menerima dokumen dari kepegawaian berupa dokumen rangkap 2, yang terdiri dari:
1)      Dokumen daftar hadir pramuniaga
2)      Dokumen kartunjam hadir
·         Menerima dokumen hadir bagian supervisor berupa dokumen rangkap 2, yang terdiri dari :
1)      Dokumen kartu jam kerja
2)      Dokumen daftar jam kerja pramuniaga
·         Membandingkan dan mencocokan daftar hadir dan daftar jam kerja pramuniaga
·         Membuat daftar upah pramuniaga berdasarkan dokumen yang diterima
·         Membuat rekap daftar upah dan surat pernyataan upah
·         Membuat dokumen rangkap 5 ,yang terdiri dari :
1)      Daftar upah pramuniaga , rangkap 2
2)      RDU (rekap daftar upah) , rangkap 2
3)      SPU (surat pernyataan upah)
·         Menjurnal kartu pengupahan pramuniaga dari 1 dokumen daftar upah pramuniaga dan menyerahkan pada bagian akuntansi
·         Dokumen rangkap 5 kemudian diserahkan kepada bagian akuntansi
v  Bagian akuntansi
·         Menerima dokumen dari bagian manager area , yang berupa :
1)      Daftar upah pramuniaga , rangkap 2
2)      RDU (Rekap daftar upah) , rangkap 2
3)      SPU (Surat pernyataan upah)
·         Meminta ACC dari manajer area
·         Menjunal kartu pengupahan pramuniaga dan mengarsipkannya
·         Membuat bukti kas keluar dan mengarsipkannya sesuai tanggal








Tidak ada komentar:

Posting Komentar